Sabtu, 10 Maret 2012

Kelebihan Dan Kekurangan Search Engine

Kepada semua masyarakat pembaca Own World, tentunya sudah tak asing lagi kan dengan yang namanya "Search Engine"? Nah untuk lebih jelasnya lagi saya akan sedikit memperjelas arti Search Engine yang saya kutip dari sebuah website. Search Engine atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan “Mesin Pencari” merupakan program komputer yang digunakan untuk membantu mencari suatu file pada komputer maupun internet.


Menurut Wikipedia Indonesia,  mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.


Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. Ada beberapa contoh Search Engine (Mesin Pencari) yang populer seperti Google, Yahoo, Live Search, Webcrawler, Looksmart, Msn dan Wisenut. 

1. Google


Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan saham pasaran sebanyak 53,6%.  Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya. Google dapat diakses melalui www.google.com
Berikut ini adalah tampilan awal dari Google :

Kelebihan Google :
  • Banyak digunakan oleh kebanyakan orang
  • Dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang bersangkutan
  • Dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia
  • Pada web browser Google merupakan mesin pencari default

Kekurangan Google :
  • Mudah diserang oleh hacker
  • Terkadang apa yang dicari tidak sesuai dengan pencarian yang didapatkan
  • Terkadang muncul situs yang mengandung virus



2. Yahoo





Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry Yang. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Dua mahasiswa teknik tersebut mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000). Yahoo! dapat diakses melalui www.yahoo.com
Berikut ini adalah tampilan awal dari Yahoo! :

Kelebihan Yahoo! :
  • Pada halaman awal terdapat berita terbaru berdasarkan negara asal pengguna
  • Terdapat ranking dari pencarian terpopuler
  • Terhubung langsung dengan email Yahoo!

Kekurangan Yahoo! :
  • Hasil pencarian tidak terlalu lengkap
  • Loading saat membuka halaman awalnya lebih lama dibanding dengan Google atau Bing karena content yang lebih banyak di dalamnya



3. Live Search -Sekarang Bing-
Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :






1.Web untuk pencarian halaman situs atau website.

2.Images untuk pencarian gambar.
3.News untuk pencarian berita.
4.xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Bing dapat diakses melalui www.bing.com
Tampilan Awal Bing yaitu :

Kelebihan Bing :
  • Gambar latar belakang yang variatif, ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti.
  • Decision Engine, menjadikan hasil pencarian menjadi lebih detail dan terperinci.
  • Bing travel, dapat mendapatkan informasi secara rinci yang berkaitan dengan travel.
  • Bing Map,dapat menampilkan informasi tentang kota, seperti jalan, bahkan seseorang yang ada di situ.
  • Auto-Suggest, dapat menawarkan alternatif pencarian.
  • Instant Answers, dapat menampilkan hasil pencarian yang tepat
  • Best Match, dapat menampilkan link dan informasi berdasarkan pencarian
  • Related Searches, dapat menampilkan informasi yang lebih mendalam dan mempunyai relasi dengan apa yang dicari
  • Deep Links, dapat langsung mengarahkan akses langsung pada situs yang dituju
  • Quick View, dapat menampilkan ringkasan suatu situs jika didekatkan pada kursor
  • Smart Video Preview, dapat menampilkan video selama 30 detik agar lebih efisien
  • Infinite Scroll dapat menampilkan gambar dengan cara yang lebih cepat karena tidak perlu membuka halaman baru.

Kekurangan Bing :
  • Masih jarang digunakan
  • Yang mengetahuinya baru sebagian orang
  • Tidak adanya geo targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai
  • Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.


4. Webcrawler
WebCrawler adalah mesin metasearch yang memadukan hasil pencarian teratas dari Google , Yahoo! , Bing Search (sebelumnya MSN Search dan Live Search ),Ask.com , About.com , MIVA , Looksmart dan mesin pencari populer. WebCrawler juga memberikan pengguna pilihan untuk mencari gambar, audio, video, berita, halaman kuning dan halaman putih. WebCrawler adalah merek dagang terdaftar dari InfoSpace , Inc
WebCrawler adalah yang pertama mesin pencari Web untuk menyediakan pencarian teks lengkap . Ini pergi tinggal pada tanggal 20 April 1994 dan diciptakan oleh Brian Pinkerton di Universitas Washington . Ini dibeli oleh America Online pada tanggal 1 Juni 1995 dan dijual kepada Excite pada tanggal 1 April 1997. WebCrawler diakuisisi oleh InfoSpace pada tahun 2001 setelah Excite , (yang kemudian disebut Excite @ Home ), bangkrut. InfoSpace juga memiliki dan mengoperasikan mesin metasearch Dogpile dan MetaCrawler .
WebCrawler awalnya sebuah mesin pencari yang terpisah dengan database sendiri, dan ditampilkan hasil iklan di beberapa wilayah di halaman. Baru-baru ini telah direposisi sebagai mesin metasearch, memberikan komposit secara terpisah diidentifikasi hasil pencarian disponsori dan non-disponsori dari sebagian besar mesin pencari populer.
WebCrawler juga mengubah citra di awal tahun 2008, laba-laba scrapping klasik maskot .
Pada bulan Juli 2010, WebCrawler menduduki peringkat situs web yang paling populer 753 di AS, dan 2994 yang paling populer di dunia oleh Alexa. Quantcast diperkirakan 1,7 juta pengunjung unik AS per bulan, sementara Bersaing diperkirakan 7.015.395. Webcrawler dapat diakses melalui www.webcrawler.com
Tampilan Awal Webcrawler yaitu :



Kelebihan Webcrawler :
  • Memiliki satu algoritma merangkak terpandai
  • Terhubung ke banyak web – web lain
  • Adalah mesin pencari Web yang pertama menyediakan untuk pencarian teks lengkap
  • Memadukan hasil pencarian teratas dari Google, Yahoo!, Bing Search (sebelumnya MSN Search dan Live Search), Ask.com, About.com, MIVA, Looksmart dan mesin pencari populer lainnya.

Kekurangan Webcrawler :


  • Pencarian yang dilakukan tidak selalu mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.
  • Kendala bahasa

5. Looksmart

Looksmart adalah sebuah perusahaan periklanan online yang berbasis di 
San Francisco. Looksmart menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan Iklan yang Cari. Untuk penerbit yang ingin membuat jaringan sendiri bermerek mereka iklan vertikal, Looksmart juga lisensi dan pengelolaan jaringan pencarian iklan menggunakan platform AdCenter nya. Looksmart adalah salah satu dari lima anggota pendiri Panel Pengukuran Klik IAB. Jadi, Looksmart bukan merupakan Search Engine tapi cukup berpengaruh dalam dunia pencarian data di Internet. Looksmart dapat diakses melalui www.looksmart.com

6. MSN
MSN (awalnya Jaringan Microsoft ) adalah kumpulan internet situs dan layanan yang disediakan oleh Microsoft . Jaringan Microsoft memulai kariernya sebagai layanan online dan penyedia layanan Internet pada tanggal 24 Agustus 1995, bertepatan dengan rilis dari Windows 95 sistem operasi.
Berbagai layanan yang ditawarkan oleh MSN telah berubah sejak rilis awal tahun 1995. MSN pernah menjadi layanan online yang sederhana untuk Windows 95, percobaan awal pada konten multimedia interaktif di Internet, dan salah satu yang paling populer dial-up penyedia layanan Internet .
Microsoft menggunakan nama merek MSN untuk mempromosikan berbagai populer berbasis web layanan di akhir 1990-an, terutama Hotmail danMessenger , sebelum reorganisasi banyak dari mereka pada tahun 2005 dengan nama lain merek, Windows Live . MSN portal Internet , MSN.com, saat ini paling banyak dikunjungi ke-14 nama domain di Internet. MSN dapat diakses melalui www.msn.com (AS), plasa.msn.com (Indonesia).

Kelebihan MSN :


  • Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam formatfile spesial.
  • Kelebihan  MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah.


Kekurangan MSN :


  • Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  • Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

7. Wisenut



Wisenut adalah crawler berbasis mesin pencari yang dimiliki oleh Looksmart . Ini debut sebagai beta pada Juli 2001 dan resmi diluncurkan pada September 2001. Dulu database sendiri, dan ketika memulai itu sangat dihargai oleh sejumlah kritikus Wisenut diperkenalkan database segar dan hits relevan. Seperti Teoma , Wisenut otomatis berkerumun hasil pencarian, teknologi yang disebut WiseGuide .
Looksmart membeli mesin pencari pada bulan April 2002 sebesar $ 9 juta dengan tujuan untuk memperkenalkan mesin pencari utama. Para merubah tidak berhasil. Meskipun memberikan relevansi yang baik dan memiliki database besar lebih dari 1,5 miliar URI , Wisenut tetap menjadi pemain kecil.
Wisenut ditutup untuk selamanya pada tanggal 28 September 2007. Tetapi kita tetap bisa mengakses Wisenut melalui www.wisenut.com. Tetapi di website ini hanya menerima Search Engine dalam bahasa Korea dan Jepang.

Kelebihan Wisenut :


  • Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah. 
  • Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada.
  • Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. 
  • Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan. 
  • Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi.

Kekurangan Wisenut :
  • Tidak ada bahasa Indonesia.

Segitulah yang saya dapat jelaskan kepada teman-teman sekalian. Maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. X)b


0 komentar:

Poskan Komentar